Tips Lengkap Cara Mencari/Memilih/Menentukan Lokasi Rumah Tempat Tinggal Yang Baik..

Share on :
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!
[imagetag]
Spoiler for Rumah Idaman:
[imagetag]

Quote:

Pertama kali berniat untuk membeli sebuah lahan hunian, rasanya begitu banyak hal pertimbangan yang harus di diskusikan dan dipahami terlebih dahulu. Namun ada beberapa pertimbangan yang bisa dirangkum (walaupun sebetulnya banyak sekali). Untuk itu kita harus tau beberapa hal dalam MENCARI, MEMILIH, MENENTUKAN DAN MEMBELI rumah Idaman..
Berikut beberapa tips lengkap dalam mencari, memilih, menentukan dan membeli sebuah rumah hunian. Semoga bermanfaat bagi juragan semua.
Spoiler for Mencari Rumah:
Tips untuk MENCARI rumah hunian.

1. Pelajari peta lokasi sasaran, pilih tempat yang strategis
2. Datang ke lokasi langsung dan pelajari lingkungan
3. Banyak bertanya kepada penduduk setempat tentang banyak hal
4. Survei / bertanya pada satpam, tukang ojek, dll rumah yang sedang dijual atau disewakan
5. Bila perlu coba sewa sementara untuk mencoba tinggal untuk tahu kondisi riil lingkungan sekitar
6. Belajar berkomunikasi dengan warga sekitar di sekitar tempat yang kita incar, dan lain sebagainya


Spoiler for Memilih Rumah:
Tips untuk MEMILIH Rumah hunian

1. Tempat tinggal harus terletak sedikit lebih tinggi dari jalan.
2. Dibagian belakang bangunan harus "dilindungi" oleh pohon, bangunan lain, atau kontur tanah yang lebih tinggi.
3. Dibagian kiri bangunan apartemen sedikit lebih tinggi dari bagian kanan bangunan (dari dalam melihat ke luar).
4. Bagian depan bangunan apartemen terdapat area yang terbuka dan asri.
5. Air perlambang dari kemakmuran. Jika tidak ada air disekitar lokasi, maka menaruh water feature dapat membantu.
6. Pintu depan merupakan point dimana energi masuk ke dalam bangunan. Oleh karena itu, pintu depan harus kelihatan, menarik dan welcoming. Ukurannya harus sesuai dan seimbang dengan bangunan. Hindari pohon, tiang listrik dan objek lainnya berada tepat di depan pintu.
7. Harus ada daerah penghubung (lobi atau hall) antara pintu depan dengan ruang lainnya dalam rumah. Area ini berguna untuk "penyaring" qi yang masuk ke dalam rumah.
8. Pemandangan itu penting. Ruang keluarga dan dapur harus menghadap ke lokasi terbuka (mis: taman yang menarik).
9. Kamar mandi dan atau toilet tidak berada di dekat pintu masuk hotel.
10. Bentuk bangunan harus normal dan simetris. Semakin tidak biasa bentuk suatu bangunan, maka akan semakin jelek sirkulasi qi nya. Ini amat tidak baik bagi penghuninya.


Spoiler for Menentukan Rumah:
Tips untuk MENENTUKAN rumah hunian

Pertama.
Kemudahan akses dan fasilitas lengkap masih menjadi pertimbangan kita? kemudahan akses dan fasilitas pertokoan yang lengkap selalu menjadi nilai plus bagi sebuah penjualan rumah.Kalau dulu orang mencari sebuah hunian karena dekat dengan pasar, toko atau mall,tempat pendidikan bahkan terminal, ternyata kondisi ini sekarang sangat rentan dengan kemacetan, jadi juga kurang nyaman. Maklumlah jumlah pemilik kendaraan semakin banyak. Saran saya, carilah perumahan yang telah menyediakan fasilitas semacam pertokoan yang lengkap didalamnya, jadi anda tidak perlu keluar dari lingkungan perumahan untuk membeli kebutuhan sehari-hari, bila ini tidak memungkinkan, maka setidaknya masih ada fasilitas pertokoan di sekitar perumahan.

Kedua.
Saat ini pemerintah sekarang lebih terbuka dengan dalam memberikan informasi pengembangan tata ruang kota, manfaatkan. Biasanya informasi ini bisa didapatkan di Dinas Tata Ruang atau Dinas Pekerjaan Umum. Pemerintah sendiri memiliki tujuan sebagai sosialisasi kepada warga tentang pentingnya pengaturan tata ruang kota yang baik, sehingga tidak sembarangan melakukan pembangunaan. Secara umum tata ruang kota telah direncanakan dalam zona-zona tertentu, misalnya fasilitas umum, perumahan, pertokoan, taman dan lain-lain. Ini harus kita pahami, jangan sampai investasi tanah ini akan membawa dampak merugikan bagi kita.

Ketiga.
Perijinan & Sertipikasi Tanah. Umumnya kita membeli lahan dengan dua cara yaitu melalui developer atau membeli secara langsung kepada pemilik tanah. Andai kita sama sekali awam dalam kegiatan transaksi jual beli tanah, saya sarankan anda membeli melalui pihak developer. Kenapa demikian? Jawabannya sederhana, developer merupakan suatu wujud usaha properti berbadan hukum (CV atau PT). Namun pilihlah developer yang memiliki reputasi bagus.

Keempat.
Ketersediaan dan kelayakan sarana maupun prasarana lingkungan menjadi nilai pertimbangan yang tidak boleh kita abaikan.

Tips Tambahan :

(1). Kualitas & lebar Jalan.Seringkali developer merencanakan lebar jalan perumahan yang tidak layak, sehingga mobil yang lewat pun kesulitan ketika berpapasan. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan kita bagi yang merencanakan punya kendaraan roda empat. Selanjutnya kalau boleh memilih, pilihlah perumahan yang memiliki jalan paving (lebih bersahabat dengan lingkungan, karena memiliki daya rembes terhadap air).

(2). Ketersediaan sarana drainase yang baik menjadi nilai wajib sebuah lingkungan perumahan. Jangan sampai ketika hujan, lingkungan kita menjadi banjir hanya karena sistem drainase yang buruk.

(3). Ketersediaan jalur pemasangan listrik, telepon dan utilitas bangunan lainnya juga harus kita cermati. Jangan sampai anda membeli tanah tapi ternyata listrik belum masuk ke situ, yah minimal kita tahu kapan ada rencana listrik akan masuk, jadi investasi gak sia-sia (kasus biasa terjadi pembelian tidak melalui developer)

(4). Sulit tidaknya ketersediaan air minum & air tanah haruslah menjadi prioritas yang jelas anda perhatikan. Bagi ibu rumah tangga, umumnya sering menanyakan sulit airnya ga, pa? karena jelas air akan menjadi bagian yang tidak terlepas dari kegiatan sehari-hari ibu rumah tangga nantinya.


Spoiler for Membeli rumah:
Tips untuk MEMBELI rumah hunian.
Tips Pertama
Sebisanya menghindari menggunakan jasa broker/perantara karena biasanya harga yang dipatok sudah diatas harga sebenarnya yang ditawarkan oleh pemilik. Selain itu kita akan memperoleh informasi yang rinci jika berhadapan langsung dengan pemilik rumah itu sendiri. Dan yang terpenting adalah BEBAS KOMISI.

Tips Kedua
Jika terpaksa harus menggunakan jasa broker/perantara, carilah yang sudah dikenal baik. Mungkin ada beberapa perusahaan broker yang sudah cukup terkenal, ini bisa digunakan. Atau kalau tidak dapat juga dengan meminta referensi dari kerabat atau relasi kerja yang pernah menggunakan jasa broker/perantara tersebut.

Tips Ketiga
Tanyakan beberapa informasi penting mengenai kondisi rumah tersebut seperti: tahun pembangunan, kapan terakhir direnovasi, struktur bangunan apa yang digunakan, dan lain-lain. Dari informasi ini kita sudah dapat menaksir berapa harga sepantasnya untuk rumah tersebut, apabila usianya sudah termasuk tua tentunya kita harus menganggarkan dana renovasi rumah tersebut dan sebisanya menawar harga jual yang sewajarnya. Kondisi fisik bangunan juga menjadi faktor

Tips Keempat
Perhatikan lingkungan sekeliling rumah apakah sesuai dengan apa yang kita harapkan. Membeli sebuah rumah adalah pilihan investasi, jadi jangan ambil keputusan singkat yang akan berujung pada kekecewaan kita nantinya. Beberapa pertimbangan yang dapat diambil meliputi: lokasi rumah, situasi keamanan lingkungan, kondisi sering banjir atau tidak, dan lain-lain.

Tips Kelima
Periksa dokumen kepemilikan rumah dan pastikan semua dokumen tersebut asli. Lakukan klarifikasi dokumen dengan Ketua RT setempat atau tetangga sekitar rumah yang akan dibeli, hanya sekedar ingin memastikan bahwa dokumen tersebut datanya sesuai dengan yang tertera. Apabila rumah tersebut berstatus warisan, tanyakan berapa banyak ahli waris sahnya. Poin ini penting sekali buat anda, demi menghindari masalah hukum yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Tips Keenam
Konfirmasi harga, cari informasi sebanyak-banyaknya mengenai harga tanah dan rumah disekitar kawasan itu. Setidaknya dari situ kita dapat memperoleh perbandingan harga yang ditawarkan, apakah terlalu mahal atau malah sebaliknya. Mungkin hal ini akan sangat penting bagi seorang pembeli yang memang mencari rumah dengan tujuan akan dijualnya kembali beberapa tahun kedepan.

Quote:

Salah memilih tempat tinggal dapat memberikan dampak buruk yang negatif mulai dari masalah kecil hingga yang sangat besar. Untuk itu mencari tempat tinggal memerlukan riset yang cukup intensif dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Beberapa Efek / Dampak Buruk Dari Salah Memilih Lokasi Tempat Tinggal :
Spoiler for Efek samping:
1. Budaya kita bertentangan dengan budaya lingkungan
2. Menjadi bahan omongan atau dikucilkan masyarakat sekitar
3. Berantem / berkelahi dengan warga sekitar
4. Anak-anak jadi anak yang bandel
5. Anggota keluarga terkena pengaruh narkoba
6. Pengaruh selingkuh dan pergaulan bebas
7. Stress atau depresi karena hidup yang sulit karena lokasi
8. Jauh dari fasilitas umum seperti rumah sakit, sekolah, masjid, dll
9. Polusi udara, air, suara, dan lain sebagainya
10. Mahal biaya hidup sehari-hari
11. Ancaman bencana banjir, tanah longsor, rob, dan sebagainya


[imagetag]
PLEASE.....!!
[imagetag]

bleketek1com 10 Sep, 2011

Admin 11 Sep, 2011


--
Source: http://kaskus-forum.blogspot.com/2011/09/tips-lengkap-cara-mencarimemilihmenentu.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar on Tips Lengkap Cara Mencari/Memilih/Menentukan Lokasi Rumah Tempat Tinggal Yang Baik.. :

Post a Comment and Don't Spam!

Follow by Email ane ya gan

DAFTAR ISI