Mesir Kembali Tutup Perbatasan Rafah

Share on :
Para pejabat Palestina, Ahad, mengatakan bahwa mereka menghentikan operasi-operasi di pelintasan Rafah antara Gaza dan Mesir sehari setelah Mesir menutup perbatasan itu.

"Kami sedang menunggu hasil konsultas kementerian luar negeri Palestina dan pemerintah Mesir," kata Ayub Abu Shaar, pejabat Palestina di Gaza.

Ia mengatakan pihak Palestina juga memutuskan akan menuda operasi-operasi sampai perundingan-perudingan selesai setelah tiga hari kekacauan dan masalah-masalah koordinasi di pelintasan itu. Padahal sebelumnya perbatasan Rafah-Gaza dibuka kembali oleh Mesir secara permanen sepekan lalu.

Pihak keamanan Mesir dan televisi pemerintah kemudian mengatakan pelintasan dibuka kembali tetapi hanya untuk para pejalan kaki. Tetapi para pejabat Palestina mengatakan perbatasan itu masih tutup dan polisi Hamas memindahkan para pelancong Palastina menjauhi pagar perbatasan itu.

Warga Gaza Marah Perbatasan Rafah ditutup lagi

Pemerintah Mesir Sabtu (4/6) mendadak menutup jalur penyeberangan Rafah, yang merupakan satu-satunya pintu bagi warga terkepung Jalur Gaza untuk berhubungan dengan dunia luar. Penutupan jalur penyeberangan Rafah itu dilakukan tanpa pemberitahuan dan diketauhui alasan-alasan.

Kantor berita Fars melaporkan, puluhan warga Gaza Sabtu mendapati pintu gerbang jalur penyeberangan Rafah tertutup rapat. Sejak dibuka bulan lalu, ini pertama kalinya gerbang penyeberangan Rafah ditutup.

Para pejabat perbatasan Gaza menyatakan bahwa tiga bus yang mengangkut 180 warga Palestina, telah menanti di gerbang penyerangan Rafah sejak pagi. Mereka marah karena penutupan perbatasan Rafah itu terjadi tanpa pemberitahuan dari pejabat Mesir.

Pada Jumat 27 Mei, pemerintah Mesir menyatakan bahwa perbatasan Rafah dibuka secara permanen mulai jam 9 pagi hingga 9 malam waktu setempat setiap hari kecuali Jumat dan hari libur. (republika.co.id)

ﻨﻮﺭ ﺳﯿﺴـﻮﺍ ﻨﻄﺎ 05 Jun, 2011


--
Source: http://www.al-khilafah.co.cc/2011/06/mesir-kembali-tutup-perbatasan-rafah.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar on Mesir Kembali Tutup Perbatasan Rafah :

Post a Comment and Don't Spam!

DAFTAR ISI