Canggih, TKI Calon PRT Iklankan Diri di Internet

Share on :
Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Jakarta – Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di sektor rumah tangga ternyata tidak hanya direkrut oleh agen penyalur atau perusahaan jasa TKI. Beberapa di antara mereka ternyata ada pula mencari calon majikan dengan cara mengiklankan diri.

Mereka menawarkan diri secara aktif untuk menjadi pembantu melalui internet. Sujati misalnya, mengiklankan diri di situs Youtube. Ia menyampaikan paparan semacam presentasi dalam bahasa Inggris.

Sujati mengaku berusia 24 tahun, lulusan SMP. Ia menyatakan ingin bekerja di Hongkong sebagai pembantu rumah tangga. Sujati dengan fasih menyebutkan keahlian yang bisa dikerjakannya, mulai dari mencuci, memasak, membersihkan rumah, hingga mencuci mobil.

Lewat iklan itu, ia berharap ada majikan yang tertarik. Namun demikian, iklan tersebut kemungkinan tidak diunggah oleh Sujati sendiri, tetapi oleh seorang agen. Pada kolom pesan, diselipkan informasi nomor kontak jika ada yang tertarik. Dalam pesan itu tertulis, "Indonesian maid, Contact Tel:(852)81098XXX.

Selain Sujati, ada pula Dewi Nadariah, TKI lainnya yang melakukan hal serupa. Presentasinya untuk menjadi pembatu rumah tangga juga diunggah pada situs Youtube oleh seorang agen. Untuk Dewi, tayangan menyelipkan informasi lengkap mengenai dirinya secara tertulis dan disertakan pula link menuju situs agen tersebut.

Dalam iklan itu Dewi berbicara dalam bahasa Inggris yang sangat fasih dan sangat lancar menjawab pertanyaan seseorang. Gadis 26 tahun dari Cilacap, Jawa Tengah itu mengaku berpengalaman bekerja di Hongkong dan dapat berbicara dua bahasa, Inggris dan bahasa Mandarin dialek Kanton.

Selain Sujati dan Dewi, masih banyak TKI lain yang melakukan hal serupa. Iklannya juga diunggah di situs Youtube dengan berbagai versi. Video seorang TKI lainnya, misalnya, ditayangkan ketika berbicara menggunakan bahasa Mandarin yang fasih. [tjs]


@http://nasional.inilah.com/read/detail/1643012/canggih-tki-calon-prt-iklankan-diri-di-internet

Baim 26 Jun, 2011


--
Source: http://arekprambon.blogspot.com/2011/06/canggih-tki-calon-prt-iklankan-diri-di.html
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

0 komentar on Canggih, TKI Calon PRT Iklankan Diri di Internet :

Post a Comment and Don't Spam!

DAFTAR ISI